Sabtu, 21 Maret 2015

Pesan Minggu Ini Untuk Anak-anak Matahariku: Berbuat baik

Anak anaku terkasih
Berbuat baik itu adalah kewajiban kita sebagai manusia. Itu berarti, ketika kita berhenti berbuat baik, maka berhentilah sifat-sifat kemanusiaan kita. Berhentilah kira menjadi manusia dalam setiap indikatornya. Tetapi ada yang seringkali orang tak paham, bahwa berbuat baik juga butuh perencanaan, butuh pengelolaan yang baik.

Anak anakku Cinta ayah...
Kadang, memang kita bersemangat, menggebu-gebu dalam berupaya berbuat baik itu. Tapi tanpa rem, akan membuat kita mengerjakan kebaikan dengan sekaligus nengerjakan keburukan, bahkan kejahatan. Kita harus paham betul kapan kita injak gas, kapan injak rem, dan kalau perlu... dalam situasi tertentu... menginjak pedal kupling. Akselerasi menjadi penting dalam upaya berbuat baik itu. Rasanya memang aneh juga kalau terus menerus menginjak gas. Memangnya hidup itu jalan tol? Mulus? Bukankah di jalan tol pun kita seringkali harus mengurangi kecepatan?

Nak,...
Berbuat baiklah,.. tapi,.. rencanakan dengan baik. Sebab, ketika kau jatuh nak,.... tak semua orang akan datang membantumu dan melakukan peran manusianya,.. berbuat baik. Hati-hatilah nak. Hati-hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar