Jumat, 11 Februari 2011

Kumpulan Doaku Pada Rabb Sahabatku

Tuhan dalam Mimpiku tadi pagi

oleh Darmawan Soegandar pada 17 Juni 2009 jam 1:58
tadi pagi akhirnya aku bisa tidur juga. sesudah tepat 3 hari 3 malam susah tidur (batukku kambuh....). pas sekitar jam 7 -an aku bangun. tapi mimpinya masih sempet inget trus di catat, mimpinya gini:
dalam mimpi itu Tuhan bicara padaku " kamu tau kisah si kembar J-J di RS. Omni?" saya jawab ingat... trus Tuhan bicara lagi, wan coba bayangin, gimana kalo dunia ini Aku bikin kelebihan Oksigen... tentu semua manusia penghuninya jadi buta, dan Akupun ciptakan tumbuhan agar bisa menghasilkan keseimbangan Oksigen dan Karbon dioksida. bayangkan Aku bikin semua yang rumit dan kompleks itu (ingat ga wan brapa nilai Kimia Dasar kamu? (aku jawab: hehehe)) jadi AKu bikin semuanya dengan menambah unsur tertentu dengan mengurangi unsur yang lain. agar dunia bisa makin seimbang, makin tenang... Jadi wan... ketika Aku beri kamu musibah... banyak banyaklah ucapkan istigfar sesudah itu banyak banyaklah ucapkan alhamdulillah... karena aku akan menambahkan rahmatku akan kamu sebesar apa yang aku kurangi. tapi wan begitupun ketika kamu mendapatkan rahmat dari Ku banyak banyaklah ucapkan Alhamdulillah kemudian cepat cepat perbanyak istigfar sambil berdoa.... semoga Allah tidak mengambil terlalu banyak rahmatnya dari ku atau kalau bisa, janganlah Allah mengurangi rahmatnya atas aku... begitulah Allah mengajari aku hari ini. aku menulinya di jejaring sosial ini biar kawan kawan semua mendapatkan pengetahuan dan rahmat yang sama dari Tuhanku.
wallahi, aku tidak sedang berbohong. mimpi itu benar adanya. dan semoga anda yang membaca cerita ku ini dapat mengambil hikmah... amin

Doa Ramadhanku

oleh Darmawan Soegandar pada 20 Agustus 2009 jam 23:24
Allahumma sallimnii fii Ramadhan,
wa sallim Ramadhaana lii,
wa sallimhu minnii, mutaqabbalan.

Ya Allah, Ya Hayyu Ya Qayyum, tepikeun umur abdi kana sasih Ramadhan, tiasakeun abdi ngalaksanakeun ibadah shaum.
Ya Allah, jantenkeun shaum abdi engkena, saumna jalmi-jalmi anu leres-leres shaum.
Jantenkeun ibadah-ibadah wengina sapertos ibadahna jalmi-jalmi nu ngalakonan ibadah wengi.
Jaga sarena abdi Ya Allah, tina sarena jalmi-jalmi anu laley.
Hapus dosa-dosa abdi hey Pangeran Nu Murbeng Alam.
Hampura abdi hey Nu Sok Ngahampura tukang nyarieun dosa.

Allahumma inna nas-aluka ridhaka wal jannah wa na’udzubika min sakhotika wan naar.
Amin Ya Allah Ya Rabbal ‘Alamin

doaku hari ini

oleh Darmawan Soegandar pada 01 Oktober 2009 jam 18:27
ya rabbi
entah bagai mana hamba harus mengatakannya kepadamu
baru berapa hari lalu kaki hamba lemas, lemas selemas lemasnya
begitu gempa menggancang rumah kami..
ku gendong anak terdekat dipelukku.. cahaya.. haha anak kaka
pas di luar rumah aku baru sadar dua anakku belum kelihatan
charenina.. salsabila..

ya rabbi
caca masih tidur di dalam.. gempa masih keras.. kolam renangku kaya pantai pangandaran gelombang membentur bentur tembok kolam.. caca ya Allah.. aku lari ke dalam rumah lewat pintu samping.. kepala terbentur dinding.. aku masih lari, ya Allah.. caca lelap di tempat tidur.. aku gendong.. lari lagi keluar.. jari kaki kebentur meja makan.. ga kerasa..
berhasil keluar rumah.. chareen.. mana chareen.. ya Allah di rumah pengasuh.. aku lari lagi..
itu chareen.. di depan rumah pengasuh.. aku peluk.. erat.. dia berbisik.. yah..... sakit.. ya Allah aku memeluk dia terlalu kencang.. aku kembali ke rumah.. semua kumpul..
gempa masih bergerak..

ya rabbi
dimana pusat gempa.. ingat gempa dulu.. pusatnya di cipatujah.. ya Allah apa tasik lagi.. kepala tiba tiba pening.. ibu.... ya Allah.. aku balik lagi ke dalam rumah.. gempa berhenti.. hp.. mati.. tilp tasik.. ya Allah kenapa ga nyambung.. TV dinyalakan.. ya Allah benar saja.. Tasikmalaya.. internet.... telkomnet berhasil online.. kabar dari tasik masuk.. beberapa rumah rusak..

ya rabbi
ibu.... motor yang besar di siapkan.. siap-siap berangkat.. semua hp.. fix line masih mati.. aku putuskan.. berangkat.. saudara-saudara di tasik masih banyak.. gimana kabarnya.. kaki masih lemas.. ngga peduli.. ibu mungkin butuh aku!

ya rabbi
hp indosat, smart, telkomsel, esia.. semua masih berusaha nyambung.. bandung macet.. tilp masih berusaha.. ya Allah, tidak pernah seumur aku hidup.. menangis.. ingat keluarga di tasik.. cengeng sekali.. ya Allah aku tidak perduli orang bilang apa.. aku cinta keluargaku.. aku cinta kotaku.. kenangan masa kecil.. ya Allah ampuni kami...

ya rabbi
tilp smart berhasil masuk ke fix line telkom di depan depo pertamina Jl. Sukarno-Hata.. Ibu.. ibu sehat.. ya Allah.. seperti anak kecil aku sulit sekali bicara.. "iwan dimana, wan... iwan dimana?" ibu.. iwan dalam perjalanan ke tasik.. ini hampir masuk garut.. iwan tegang bu.. ibu gimana.. ibu sehat.. ya Allah ibu sehat.. Alhamdulillah.. teteh?.. iwan perlu ketasik.. "iwan pulang lagi aja ke bandung, hati hati badung selatan rawan.. iwan di bandung selatan kan.. mendingan pulang.. jaga anak anak.. cucu ibu.." iya bu.. iwan udah tenang.. alhamdulillah. iwan balik lagi ke dayeuhkolot.

ya rabbi
sebulan kemudian......
susi.. beni.. etri.. saudaraku.. gimana kalian.. ya Allah.. engkau tau hamba tidak sedang berbasa basi. jagalah saudaraku bertiga itu. ya Allah.. tolong hamba.. kabari hamba.. ampuni hamba yang baru sadar setelah liat tayangan TV.. ya Allah gimana susi.. beni.. etri.. ya Allah tolong hamba.. lindungi mereka..

ya rabbi
hamba menangis bukan pula basa basi. hamba betul betul memohon belas kasihmu.. hamba.. susi.. hamba yakinkan engkau ya Allah jadikan kesalehannya alasan engkau untuk melindunginya ya Allah.. dan ya Allah.. jadikanlah kasih sayang beni dan etri terhadap keluarganya alasan engkau melindungi mereka

ya rabbi
hamba betul betul memohon kepadamu
lindungi saudara saudara hamba ini..
tolonglah hamba..
jangan kau biarkan hamba menangis terlalu lama
kabari hamba
mereka baik adanya
dalam lindungan MU!

ya rabbi
hamba mengandalkanmu
jangan kau biarkan kaki hamba melemas terus menerus
untuk bencana siapapun
dimanapun
karena saudara hamba tak hanya susi, beni, etri...
saudara hamba banyak
dan mereka di banyak tempat

ya rabbi
cukupkanlah kesedihan hamba
jangan kau jadikan hamba
hamba kesedihan

ya rabbi
jangan kau jadikan hamba
tontonan kesedihan bagi anak anak hamba
hamba tidak mau.. mereka terlalu sering melihat hamba menangis
menangisi saudara saudara hamba.. yang bahkan belum pernah anak anak hamba lihat sepanjang hidupnya...

anakku sayang...
maafkan ayah.. tak sanggup menahan kesedihan.. atas kesedihan saudara saudara ayah..
maafkan ayah...

ragu

oleh Darmawan Soegandar pada 01 November 2009 jam 19:53
aku memandangi langit-langit
aku menembus langit

aku memandangi ujung sajadah
aku menembus Allah

aku memandangi cermin
menangisi wajah di ujung sana

awali pagi ini dengan doa

oleh Darmawan Soegandar pada 02 November 2009 jam 6:35
bismillahi wa awalu wa akhiru
Alhamdulillaahil ladzii ahyaanaa ba’da maa amaatanaa wa ilayhin nusyuuru (Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami setelah mematikan kami. Kepada-Nya-lah kami akan kembali (HR. Bukhari))

Laa ilaaha illaa anta subhaanaka allahuma zidnii ‘ilman wa laa tuzigh qalbii ba’da idz hadaitanii wa hablii min ladunka rahmatan innaka antal wahhaabu. (Tidak ada Tuhan melainkan Engkau, maha suci Engkau ya Allah, aku minta ampun kepada-Mu tentang dosa-dosaku, dan aku mohon rahmat-Mu tentang dosa-dosaku, dan aku mohon rahmat-Mu. Ya Allah, tambahlah ilmuku dan janganlah Engkau gelincirkan hatiku setelah Engkau memberi petunjuk kepadaku, dan karuniakanlah rahmat untuk-ku daripada-Mu, sesungguhnya Engkaulah yang maha Memberi. (HR. Abu Daud))

Ashbagnaa wa ashbahal mulku lillaahi ‘Azza wa jalla, wal hamdu lillaahi, wal kibriyaa’u wal ‘azhamatu lillaahi, wal khalqu wal amru wallailu wannahaaru wa maa sakana fiihimaa lillaahi Ta’aalaa. Allahummaj’al awwala haadzan nahaari shalaahan wa ausathahu najaahan, wa aakhirahu falaahan, yaa arhamar raahimiina. (Kami telah mendapatkan Shubuh dan jadilah segala kekuasaan kepunyaan Allah, demikian juga kebesaran dan keagungan, penciptaan makhluk, segala urusan, malam dan siang dan segala yang terjadi pada keduanya, semuanya kepunyaan Allah Ta’ala. Ya Allah, jadikanlah permulaan hari ini suatu kebaikan dan pertengahannya suatu kemenangan dan penghabisannya suatu kejayaan, wahai Tuhan yang paling Penyayang dari segala penyayang.)

Allahumma innii as’aluka ‘ilman naafi’an wa rizqan thayyiban wa ‘amalan mutaqabbalan (Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu ilmu yang berguna, rezki yang baik dan amal yang baik Diterima. (HR. Ibnu Majah))

Amien Ya Rabb, sahabatku tercinta..

akhiri hari dengan doa seperti yang di contohkan muhammad saw!

oleh Darmawan Soegandar pada 02 November 2009 jam 17:05
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِا لْحَمْدُ للّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
Amsainaa wa amsal mulku lillaahi walhamdulillahi, laa ilaaha illallahu wahdahu laa syariika lahu. Allahumma innii as’aluka min khairi haadzihil lailati wa khhaiiri maa fiihaa, wa a’uudzu bika min syarrihaa wa syarrimaa fiihaa. Allaahumma innii a’udzuu bika minal kasali walharami wa suu’il kibari wa fitnatid dun-yaa wa ‘adzaabil qabri. (Kami telah mendapatkan petang, dan jadilah kekuasaan dan segala puji kepunyaan Allah, tidak ada sekutu bagi-Nya. Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan malam ini dan kebaikan yang terdapat padanya dan aku berlindung dengan-Mu dari kejahatannya dan kejahatan yang terdapat padanya. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari malas, tua bangka, dan dari keburukan lanjut umur dan gangguan dunia dan azab kubur. (HR. Muslim))

Allaahumma anta rabbii, laa ilaaha illaa anta, ‘alaika tawakakaltu wa anta rabbul ‘arsyil ‘azhiimi, maa syaa’allahu kaana, wa maa lam yasya’ lam yakun. Laa haula wa laa quwwata illaa billahil ‘alliyyil ‘azhiimi. A’lamu annallaaha ‘alaa kuli syai’in qadiirun, wa annallahu qad ahaatha bukillin syai’in ‘ilman. Allahumma innii a’uudzu bika min syarri nafsii, wa min syarri kuli daabbatin anta aakhidzun bi naashiyatihaa. Inaa rabbii’alaa shiraathin mustaqiimin. (Ya allah, Engkaulah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang lain kecuali Engkau, kepada-Mu aku bertawakkal, dan engkau adalah penguasa ‘Arasy Yang Maha Agung, apa yang dekehendaki Allah pasti terjadi, dan apa yang tidak dikehendaki-Nya, tidak akan terjadi, tidak ada daya dan uapaya melainkan dengan Allah yang Maha Tinggi dan Maha Besar. Aku mengetahui bahwa Allah Maha Berkuasa atas segala sesuatu, dan bahwa pengetahuan Allah meliputi segala sesuatu. Ya Allah, aku berlindung dengan-Mu dari kejahatan dariku, dan kejahatan setiap binatang yang melata yang Engkau dapat bertindak terhadapnya, sesungguhnya Tuhanku di atas jalan yang lurus.)

Amien

Jadikan Hamba Pandai Bersyukur! (kabar dari sahabat!)

oleh Darmawan Soegandar pada 05 November 2009 jam 19:35
Rabbi auzi’nii an asykura ni’matakal latii an’amta’alayya wa’alaa waalidayya wa an a’mala shaalihan tardhaahu wa adkhilnii bi rahmatika fii’ibaadikash shaalihiin

”Wahai Tuhanku, jadikanlah aku orang yang pandai mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau karuniakan kepadaku dan kepada ibu-bapakku; dan jadikanlah aku orang yang beramal shalih yang Engkau Ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan orang-orang yang shalih."...

Doa di atas diucapkan oleh Nabi Sulaiman as, ketika beliau menyaksikan semut yang ketakutan ketika beliau dan pasukannya melintasi sarangnya. Nabi Sulaiman tersenyum melihat kejadian itu. Saat itu pula beliau sadar bahwa Allah telah mengaruniakan nikmat yang sangat luar biasa hebatnya yang tidak dikaruniakan kepada orang lain.

Menyadari begitu besarnya nikmat Allah kepada dirinya, sehingga beliau dapat mendengar perintah dari ratu semut yang menyuruh rakyatnya masuk ke sarangnya, Nabi Sulailman tidak menjadi sombong. Beliau justru merasa rendah dan kecil di hadapan Allah. Karena itu, beliau memohon kepada Allah agar dijadikan sebagai orang yang pandai mensyukuri nikmat yang diterimanya dan yang diterima oleh ibu bapaknya. Baliau juga memohon agar dijadikan orang yang mampu melakukan amal shalih yang diridhai oleh Allah dan dimasukkan ke dalam golongan orang-orang yang shalih.

Do’a Nabi Sulaiman di atas sepatutnya kita baca setiap kali kita mendapatkan nikmat dan rahmat dari Allah sebagai bukti syukur kita kepada-Nya, agar kita tidak menjadi sombong dan lupa kepada Allah. Setiap kali kita mendapatkan karunia Allah berupa apapun, hendaknya kita baca do’a di atas.

Demikian semoga bermanfaat.

catatan pertama; Doaku di awal tahun

oleh Darmawan Soegandar pada 02 Januari 2010 jam 18:12

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga dan sahabatnya.
Ya Allah Engkaulah Yang Abadi, Dahulu, lagi Awal. Dan hanya kepada anugerah-Mu yang Agung dan Kedermawanan-Mu tempat bergantung.
Dan ini tahun baru benar-benar telah datang. Kami memohon kepada-Mu perlindungan dalam tahun ini dari (godaan) setan, kekasih-kekasihnya dan bala tentaranya. Dan kami memohon pertolongan untuk mengalahkan hawa nafsu amarah yang mengajak pada kejahatan,agar kami sibuk melakukan amal yang dapat mendekatkan diri kami kepada-Mu wahai Dzat yang memiliki Keagungan dan Kemuliaan. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, Nabi yang ummi dan ke atas para keluarga dan sahabatnya.

Allah menasihatiku pagi ini

oleh Darmawan Soegandar pada 11 Maret 2010 jam 6:23
اَللَّهُمَّ إِنِّيْ عَبْدُكَ، ابْنُ عَبْدِكَ، ابْنُ أَمَتِكَ، نَاصِيَتِيْ بِيَدِكَ، مَاضٍ فِيَّ حُكْمُكَ، عَدْلٌ فِيَّ قَضَاؤُكَ، أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اسْمٍ هُوَ لَكَ، سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ، أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِيْ كِتَابِكَ، أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ، أَوِ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِيْ عِلْمِ الْغَيْبِ عِنْدَكَ، أَنْ تَجْعَلَ الْقُرْآنَ رَبِيْعَ قَلْبِيْ، وَنُوْرَ صَدْرِيْ، وَجَلاَءَ حُزْنِيْ، وَذَهَابَ هَمِّيْ.
“Ya Allah! Sesungguhnya aku adalah hambaMu, anak hambaMu (Adam) dan anak hamba perempuanMu (Hawa). Ubun-ubunku di tanganMu, keputusan-Mu berlaku padaku, qadhaMu kepadaku adalah adil. Aku mohon kepadaMu dengan setiap nama (baik) yang telah Engkau gunakan untuk diriMu, yang Engkau turunkan dalam kitabMu, Engkau ajarkan kepada seseorang dari makhlukMu atau yang Engkau khususkan untuk diriMu dalam ilmu ghaib di sisiMu, hendaknya Engkau jadikan Al-Qur’an sebagai penenteram hatiku, cahaya di dadaku, pelenyap duka dan kesedihanku.”

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحُزْنِ، وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ، وَضَلَعِ الدَّيْنِ وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ.
“Ya Allah! Sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari (hal yang) menyedihkan dan menyusahkan, lemah dan malas, bakhil dan penakut, lilitan hutang dan penindasan orang.”
لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ الْعَظِيْمُ الْحَلِيْمُ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمُ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَرَبُّ اْلأَرْضِ وَرَبُّ الْعَرْشِ الْكَرِيْمُ.
“Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Agung dan Maha Pengampun. Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, Tuhan yang menguasai arasy, yang Maha Agung. Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, Tuhan yang menguasai langit dan bumi. Tuhan Yang menguasai arasy, lagi Maha Mulia.”
اَللَّهُمَّ رَحْمَتَكَ أَرْجُو فَلاَ تَكِلْنِيْ إِلَى نَفْسِيْ طَرْفَةَ عَيْنٍ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِيْ كُلَّهُ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ.
“Ya Allah! Aku mengharapkan (mendapat) rahmatMu, oleh karena itu, jangan Engkau biarkan diriku sekejap mata (tanpa pertolongan atau rahmat dariMu). Perbaikilah seluruh urusanku, tiada Tuhan yang berhak disembah selain Engkau.”
لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِيْنَ.
“Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Engkau. Maha Suci Engkau. Sesungguhnya aku tergolong orang-orang yang zhalim.”
اللهُ اللهُ رَبِّي لاَ أُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا.
“Allah-Allah adalah Tuhanku. Aku tidak menyekutukanNya dengan sesuatu.”

“Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: ‘Tuhan kami ialah Allah’ kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka(dengan mengatakan): ‘Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu’. Kamilah pelindung-pelmdungmu dalam kehidupan dunia dan di akhirat. Di dalamnya kamu memperoleh apa yang kamu inginkan dan memperoleh (pula) di dalamnya apa yang kamu minta” (QS Fushshilat: 30-31).

Ya Allah ampuni hamba yang telah ragu akan pertolongan MU, yang menisbikan perlindungan Mu. Ampuni hamba ya Rabb. Ampuni hamba, ini lah hamba yang penuh kealpaan ingin kembali kepada Mu. Ampuni hamba dan pupuskanlah kesedihan dalam dada hamba. Ya Rabb, aku rindu.. peluk MU, aku lah rindu yang memenuhi MU ya Rabb. Ya Rabb sahabatku, aku ingin bercerita lama.. berkeluh kesah kepada MU, yang selalu ada mendengar sedih senangku, Ya Rabb aku lah rindu, tunggulah aku malam ini, tunggu aku di tahajud, doa dan dzikir malamku, malam ini. ya Allah tolong tunggui aku malam ini, aku mau cerita banyak.. aku belum puas ya Rabb. sementara itu ya Allah lindungi aku dari pagi sampai malam nanti dari marabahaya. agar selamat aku menemui Mu, nanti malam. Amien

doa ku tadi malam

oleh Darmawan Soegandar pada 21 April 2010 jam 9:12
Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam sebagai pujian daripada orang yang bersyukur dan kesudahan yang baik bagi orang bertaqwa. Selawat dan salam ke atas Rasul kami, Nabi Muhammad dan ke atas ahli keluarga dan sekalian para sahabatnya.

Ya Allah, Ya Tuhanku! Perbaikilah agamaku yang merupakan pengawal urusankanku. Perbaikilah duniaku yang merupakan tempat hidupku. Perbaikilah akhiratku yang merupakan tempat kembaliku; dan jadikanlah kehidupan ini sebagai tambahan dalam setiap kebaikan, serta jadikanlah kematian sebagai istirahat bagiku daripada segala kejahatan.

Ya Allah, Ya Tuhanku! Jadikanlah sebaik-baik umurku pada penghujungnya, sebaik-baik amal pada penyudahannya dan sebaik-baik hariku hari bertemu dengan-Mu.

Ya Allah, ya Tuhanku! Aku memohon kepada-Mu kehidupan yang tenang, kematian dalam kebenaran dan tempat kembali yang tidak terhina lagi buruk keadaannya.

Ya Allah, Ya Tuhanku! Aku memohon kepada-Mu sebaik-baik permohonan, sebaik-baik doa, sebaik-baik kejayaan, sebaik-baik ilmu, sebaik-baik amal, sebaik-baik ganjaran, sebaik-baik kehidupan, sebaik-baik kematian. Tetapkanlah (kakiku di atas sirat-Mu) serta beratkanlah timbanganku. Perkuatkanlah imanku dan tingkatkanlah darjatku serta terimalah solatku. Ampunkanlah kesalahan-kesalahan dan aku memohon kepada-Mu tempat tertinggi dari syurga-Mu.

Ya Allah, Ya Tuhanku! Aku memohon kepada-Mu apa-apa yang mewajibkan rahmat-Mu, juga apa-apa yang memastikan keampunan-Mu, keselamatan daripada segala dosa, keuntungan daripada segala kebaikan, kemenangan dengan syurga dan pelepasan daripada api neraka.

Ya Allah, Ya Tuhan kami! Perbaikilah akibat dari setiap urusan kami, hindarkanlah kami daripada kehinaan dunia dan azab akhirat.

Ya Allah, Ya Tuhan kami! Kurniakanlah kami rasa takut kepada-Mu, yang dengannya dapat menghalang kami berlaku maksiat kepada-Mu, kurniakanlah kami ketaatan kepada-Mu yang dapat menyampaikan kami dengannnya ke syurga-Mu, kurniakanlah kami keyakinan yang dapat meringankan musibah dunia yang menimpa kami, berikanlah kami dapat menikmati pendengaran-pendengaran kami, penglihatan-penglihatan kami, kekuatan-kekuatan kami selama Engkau masih hidupkan kami, dan jadikanlah semua itu warisan kami, balaslah orang yang berbuat zalim terhadap kami, bantulah kami dalam menghadapi musuh-musuh kami, janganlah Engkau timpakan musibah dalam agama kami, janganlah Engkau jadikan dunia ini tujuan utama kami, jangan pula dijadikannya nilaian pengetahuan kami serta janganlah Engkau jadikan orang yang tidak mempunyai rasa belas kasihan kepada kami menjadi pemimpin kami.

Ya Allah, Ya Tuhan kami! Jangan Engkau biarkan kami sebarang dosa melainkan Engkau mengampunkannya, tiada seberang kebuntuan melainkan Engkau melapangkannya, tidak juga hutang piutang melainkan Engkau (berikan jalan untuk) menyelesaikannya dan tidak juga sebarang hajat dunia mahupun akhirat melainkan Engkau menyempurnakannya, wahai Tuhan Yang Maha Penyayang antara yang penyayang.

Wahai Tuhan kami! Kurniakanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan lindungilah kami daripada azab neraka.

Selawat Allah dan salam yang tidak terhingga ke atas Nabi kita Muhammad dan ke atas keluarganya serta para sahabat yang terpilih

Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

Eli, Eli, Lema Sabachthani

oleh Darmawan Soegandar pada 17 Mei 2010 jam 12:09
Kamu masih ingat; cinta yang kutitipkan padamu kemarin pagi?
waktu aku dan Kau saling berbisik, tentang cinta yang pernah kutitipkan padamu entah kapan berbulan lalu

ah
rasanya Engkau lupa
kalaulah Kau tidak lupa
kenapa setiap malam aku mengeluh
Eli, Eli, Lema Sabachthani

ah
rasanya
Engaku memang lupa

Bagaimana aku mesti mengingatkanmu?

Aku dan Doa Kepada Tuhan Sahabatku, di Sepertiga Akhir Ramadhan Ini

oleh Darmawan Soegandar pada 02 September 2010 jam 14:55
Bismillahir rahmanir rahim


Ya Allah, aku mohon pada Mu dengan rahmat Mu yang meliputi segala sesuatu
Dan dengan kekuatan Mu yang dengannya Engkau taklukkan segala sesuatu
dan merunduk segala sesuatu, dan merendah segala sesuatu
dan dengan keagungan Mu yang mengalahkan segala sesuatu
dan dengan kemuliaan Mu yang tak tertahankan oleh segala sesuatu
dan dengan kebesaran Mu yang memenuhi segala sesuatu
dan dengan kekuasaan Mu yang mengatasi segala sesuatu
dan dengan wajah Mu yang kekal setelah fana segala sesuatu
dan dengan asma Mu yang memenuhi tongak segala sesuatu
dan dengan ilmu Mu yang mencakup segala sesuatu
dan dengan cahaya wajah Mu yang menyinari segala sesuatu


ya nuru ya quddus
wahai Yang Awal dari segala yang awal, dan
wahai Yang Akhir dari segala yang akhir

Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku yang meruntuhkan penjagaan
Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku penyebab hukum karma
Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku yang merusak rahmat
Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku yang merintangi do'a
Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku yang menurunkan bencana
Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku yang memutuskan tali harapan
Ya Allah, ampunilah segala dosa yang telah kulakukan,
dan segala kesalahan yang telah kukerjakan


Ya Allah, aku menghampiri Mu dengan berdzikir kepada Mu
kumohon pertolongan pada diri Mu
aku bermohon kepada Mu dengan kemurahan Mu agar kau dekatkan aku ke haribaan Mu
bimbinglah aku untuk bersyukur kepada Mu
bimbinglah aku untuk selalu mengingat Mu


Ya Allah, aku mohon kepada Mu dengan penuh kerendahan, hina dan kekhusyu'an
agar Engkau maafkan dan sayangi aku
dan jadikan aku rela dan puas akan pemberian Mu
dan dalam segala keadaan tunduk dan patuh kepada Mu

Ya Allah aku mohon kepada Mu laksana permohonan orang-orang yang terdesak oleh kesulitannya
yang menghampiri Mu ketika terpojok urusannya
yang besar dambaannya untuk meraih apa yang ada di sisi Mu

Ya Allah, maha besar kekuasaan Mu
maha tinggi kedudukan Mu
selalu tersembunyi rencana Mu
selalu tampak kuasa Mu
selalu tegak kekuatan Mu
selalu berlaku kodrat Mu
tak mungkin lari dari kekuasaan Mu

Ya Allah, tiada kudapat pengampuan bagi dosa-dosaku
tiada penutup bagi kejelekan-kejelekanku
dan tiada yang dapat menggantikan amalku yang jelek dengan kebaikan melainkan Engkau


La ilaha illa anta subhanaka wa bihamdika
zhalamtu nafsi
zhalamtu nafsi
zhalamtu nafsi
dan telah berani aku melanggar karena kebodohanku
tetapi kusandarkan diri pada ingatan dan karunia Mu yang kekal atasku

Allahumma maulaya
betapa banyak kejelekanku yang Kau tutupi
betapa banyak malapetaka yang telah Kau hindarkan
betapa banyak rintangan yang telah Kau singkirkan
betapa banyak bencana yang telah Kau gagalkan
betapa banyak pujian baik yang tak layak bagiku telah Kau sebarkan

Ya Allah, besar sudah bencanaku
berlebihan sudah kejelekan keadaanku
sedikit sekali amal-amalku
berat benar belenggu kemalasanku
angan-angan panjang telah menahan manfaat dariku
dunia telah memperdayaku dengan tipuannya
dan jiwaku terperdaya oleh penghianatan dan kelalaian


Ya sayyidi, kumohon kepada Mu dengan kemulaian Mu
janganlah Kau halangi do'aku pada Mu
oleh karena kejelekan amal dan perangaiku
jangan Kau ungkap dengan pantaun Mu rahasiaku yang tersembunyi
jangan Kau segerakan siksa atas perbuatanku dalam kesendirianku
dari jeleknya perbuatanku dan kejahatanku
dan kekalnya aku dalam dosa dan kebodohanku
dan banyaknya nafsu dan kelalaianku
Ya Allah, dengan kemulaian Mu, sayangilah aku dalam segala suasana
dan kasihilah aku dalam segala perkara


Illahi wa Rabbi
siapa lagi bagiku selain Engkau yang kumohon
agar melepaskan deritaku dan memperhatikan urusanku


Illahi wa maulaya
akankah Kau tetapkan hukuman padaku kala kuikuti hawa nafsuku
dan ketidakwaspadaanku terhadap tipuan musuhku
hingga ku terbujuk oleh nafsuku
dan terlena dalam buaian birahiku
lalu kulanggar sebagian peraturan-peraturan yang kau terapkan bagiku
dan kulanggar sebagian perintah Mu
cukup sudah bagi Mu dalih dalam menjatuhkan hukuman padaku atas semua kelakuanku itu
dan tiada alasan bagiku menolak hukuman yang akan Kau jatuhkan padaku atas semua ulahku itu
demikian pula atas hukum dan bencana yang harus menimpaku

Kini aku datang menghadap kepada Mu, ya Illahi
setelah semua kecerobohan dan pelanggaran atas diriku
memohon maaf
mengungkapkan penyesalan dengan hati luluh
merasa jera
mengaharap ampunan
menginsyafi kesalahan
mengakui kelalaian
menyadari kecerobohan menginsyafi kesalahan
tiada kutemui tempat melarikan diri dari dosa yang telah kulakukan
dan tiada tempat berlindungb agar ku terlepas dari segala noda dan beban
melainkan Kau kabulkan permohonan ampunanku
dan memasukanku ke dalam lautan kasih Mu


Ya Allah, terimalah alasanku ini
dan kasihanilah beratnya kepedihanku
dan bebaskanlah aku dari kekuatan belengguku

Ya Allah, kasihanilah kelemahan tubuhku
kelembutan kulitku dan kerapuhan tulangku
wahai yang mula-mula menciptakanku, menyebut dan mendidikku
memperlakukanku dengan baik dan memberiku kehidupan
berikanlah aku karunia Mu karena Engkau telah mendahuluiku dengan kebaikan kepadaku


Ya Illahi wa sayyidi wa rabbi
apakah Engkau akan menyiksaku dengan api Mu setelah aku mengesakan Mu?
setelah hatiku tenggelam dalam ma'rifat Mu?
setelah lidahku bergetar menyebut Mu?
Setelah jiwaku terikat dengan cinta Mu?
Setelah segala ketulusan pengakuanku dan permohonanku seraya tunduk bersimpuh pada kekuasaan Mu?

Tidak, Engkau terlalu mulia untuk mencampakkan orang yang Engkau ayomi
atau menjauhkan orang yang Engkau dekatkan
atau menyisihkan orang yang Kau naungi
atau menjatuhkan bencana pada orang yang Kau cukupi dan sayangi


Wa laita syi'ri ya sayiddi wa illahi wa maulaya
apakah Engkau akan melemparkan ke neraka wajah-wajah yang tunduk rebah karena kebesaran Mu?
dan lidah-lidah yang dengan tulus mengucap keesaan Mu?
dan dengan pujian mensyukuri nikmat Mu?
Kalbu-kalbu yang dengan sepenuh hati mengakui ketuhanan Mu?
Hati nurani yang dipenuhi ilmu tentang Engkau sehingga bergetar ketakutan?
Tubuh-tubuh yang telah biasa tunduk mengabdi Mu?
dan dengan merendah memohon ampunan Mu?

Tidak sedemikian itu dugaanku kepada Mu
dan juga tidak demikian aku diberitahu tentang kemulaian Mu


Ya Karim ya rabbi
Engkau mengetahui kelemahanku dalam menaggung beban dunia serta derita akibatnya
serta kesusahan-kesusahan yang menimpa penghuninya
padahal semua bencana dan kesusahan itu singkat masanya
sebentar waktunya
pendek usianya
maka apakah mungkin aku sanggup menaggung bencana akhirat?
dan siksaan-siksaan yang dahsyat di sana?
bencana yang panjang masanya?
dan kekal posisinya?
serta tidak ringan bagi penghuninya?
Sebab semuanya tidak terjadi kecuali karena murka, balasan dan amarah Mu
inilah bumi dan langitpun tak sanggup memikulnya


Ya sayyidi fa kaifa bi?
Padahal aku hambamu yang lemah
rendah
hina
malang
dan
papa



Ya illahi wa rabbi wa sayyidi wa maulaya
urusan apa lagi kiranya yang aku adukan pada Mu
mestikah aku menangis?
Menjerit?
Apakah karena pedihnya azab dan beratnya siksa?
Ataukah karena lamanya derita dan langgengnya bencana?

Sekiranya Engkau siksa aku beserta musuh-musuh Mu
dan Kau himpunkan aku beserta penghuni siksa Mu
dan Engkau ceraikan aku dari para kekasih dan kecintaan Mu


fa habni ya illahi wa sayyidi wa maulaya wa rabbi
anggaplah aku dapat bersabar menanggung siksa Mu
mana mungkin aku mampu bersabar berpisah dari Mu?
dan anggaplah aku dapat bersabar menahan panas api Mu
mana mungkin aku tinggal di neraka padahal harapanku hanya maaf Mu!?


Fa bi'izzatika ya sayyidi wa maulaya
aku bersumpah dengan tulus
sekiranya Engkau biarkan aku berbicara disana..
ditengah penghuninya..
aku akan menangis
seperti tangisan mereka yang menyimpan harapan
aku akan menjerit
seperti jeritan mereka yang memohon pertolongan
aku akan merintih
seperti rintihannya orang yang kehilangan harapan
sungguh aku akan menyeru Mu
dimanakah Engkau!!!!!..
wahai pelindung kaum mukminin


Ya ghayata amalil 'arifin
Ya ghiyatsal mustaghitsin
Ya habiba qulubish shadiqin
wa Ya Ilahal 'alamin
Wahai tujuan harapan kaum arifin
wahai pelindung kaum yang memohon perlindungan
wahai kekasih hamba-hamba yang tulus
wahai Tuhan seru sekalian alam
Akankah Engkau perlakukan demikian..?

Maha Suci Engkau ya illahi, dengan segala puji Mu

kala Kau dengar suara hamba Mu yang terkurung karena keingkarannya
yang merasakan siksa karena kedurhakaannya
yang terperosok kedalamnya karena dosa dan nistanya..
sedangkan ia merintih kepada Mu dengan mendambakan rahmat Mu
ia menyeru Mu dengan lidah ahli tauhid Mu
ia bertawwasul kepada Mu dengan ketuhanan Mu


Ya maulaya..
bagaimana mungkin ia kekal dalam siksa?
Padahal ia berharap pada kebaikan Mu yang dahulu
mana mungkin neraka menyakitinya?
Padahal ia mendamba karunia dan kasih Mu
mana mungkin jilatannya menghanguskannya?
Padahal Engkau dengar suaranya dan Engkau lihat posisinya
mana mungkin kobarannya mengurungnya?
Padahal Engkau mengetahui kelemahannya
mana mungkin ia jatuh bangun di dalamnya?
Padahal Engkau mengetahui ketulusannya
mana mungkin malaikat zabaniyah menghempaskannya?
Padahal ia memangilmu Ya Rabbi.. Ya Allah..
mana mungkin ia mengharapkan karunia Mu pada kebebasan daripadanya
lalu Engkau meninggalkannya disana?

Tidak! Tidak demikian itu sangkaku kepada Mu
juga tidak pula menunjukkan kesohoran karunia Mu
juga tidak seperti itu dengan kebaikan serta karunia Mu
Engkau akan perlakukan orang-orang yang bertauhid

dengan yakin aku berani berkata;
kalau bukan karena keputusan Mu untuk menyiksa orang yang mengingkari Mu
dan ketetapan dari Mu agar mengekalkan disana orang-orang yang melawan Mu
niscaya Kau jadikan neraka seluruhnya sejuk dan damai
tidak akan ada lagi di situ tempat tinggal dan menetap bagi siapapun
tetapi Maha Kudus asma Mu
Engkau telah bersumpah untuk memenuhi neraka dengan orang-orang kafir dari golongan jin dan manusia seluruhnya
Engkau akan kekalkan disana kaum durhaka


Illahi wa sayyidi
aku mohon kepada Mu dengan kodrat yang telah Engkau tentukan
dengan qodha yang telah Engkau tetapkan dan putuskan
dan yang telah Engkau tentukan berlaku pada orang yang dikenai
limpahkanlah ampunan Mu padaku malam ini, disaat ini..
pada semua nista yang pernah aku kerjakan
pada semua dosa yang pernah aku lakukan
pada semua kejelekan yang pernah aku rahasiakan
pada semua kejahilan yang pernah aku kerjakan
yang aku sembunyikan atau aku tampakkan
yang aku tutupi atau aku tunjukkan

ampuni semua keburukan yang telah Engkau suruhkan malaikat yang mulia mencatatnya
dengan karunia Mu tutupilah itu
dan perbanyaklah bagianku pada setiap kebaikan yang Engkau turunkan
atau setiap karunia yang Kau limpahkan
atau setiap keberuntungan yang Kau sebarkan
atau setiap rizki yang Kau curahkan
atau setiap dosa yang Kau ampunkan
atau setiap kesalahan yang kau sembunyikan


ya rabbi, ya rabbi, ya rabbi
ya illahi wa sayyidi wa maulaya wa malika riqqi
wahai dzat yang ditangan Nya ubun-ubunku
wahai yang mengetahui kesengsaraan dan kemalanganku
wahai yang mengetahui kefakiran dan kepapaanku


ya rabbi, ya rabbi, ya rabbi
aku memohon kepada Mu demi kebenaran dan kesucian Mu
dan demi keagungan sifat dan asma Mu
jadikanlah waktu siang dan malamku dipenuhi dzikir pada Mu
senantiasa mengabdi pada Mu
diterima amal-amalku disisi Mu
sehingga perbuatan dan ucapan-ucapanku seluruhnya menyatu dan kekal selalu keadaanku dalam berbakti kepada Mu
wahai Tuanku, wahai dzat yang kepada Nya aku percayakan diriku
yang kepada Nya aku adukan keadaanku


ya rabbi, ya rabbi, ya rabbi
kokohkan anggota badanku untuk berbakti kepada Mu
teguhkan tulang-tulangku untuk melaksanakan niatku
karuniakan kepadaku kesunguhan agar takut kepada Mu
senantiasa berbakti kepada Mu
sehingga aku bergegas menuju Mu bersama pendahuluku
dan berlari kearah Mu bersama orang-orang yang berpacu
merindukan dekat kepada Mu bersama yang merindukan Mu
jadikan aku dekat pada Mu seperti dekatnya orang-orang yang ikhlas
dan takut kepada Mu seperti takutnya orang-orang yang yakin
dan berkumpul di khadirat Mu bersama kaum mukminin

Ya Allah, siapa saja yang bermaksud buruk kepadaku, tahanlah dia
dan siapa saja yang memperdayaku, perdayakanlah ia
jadikan aku hamba Mu yang paling baik nasibnya disisi Mu
yang paling dekat kedudukannya dengan Mu
yang paling istimewa tempatnya di dekat Mu
sungguh semua ini tidak akan tercapai kecuali dengan karunia Mu
limpahkan padaku kemurahan Mu
sayangi aku dengan kebaikan Mu
jaga diriku dengan rahmat Mu
gerakkan lidahku untuk selalu berdzikir pada Mu
penuhi hatiku supaya selalu mencintai Mu
berikan kepadaku dari yang terbaik dari ijabah Mu
hapuskan bekas kejatuhanku
ampuni ketergelinciranku


Ya Rabbi kuhadapkan wajahku kepada Mu
ya Rabbi kupanjatkan tanganku
demi kebesaran Mu perkenankanlah do'aku
dan sampaikan aku pada cita-citaku
jangan putuskan harapanku akan karunia Mu
lindungi aku dari kejahatan jin dan manusia musuh-musuhku


Ya sari 'ar ridha
ampunilah orang yang tidak memiliki apapun kecuali doa
karena sesungguhnya Engkau akan melakukan apa-apa yang Kau kehendaki
wahai yang asma Nya penawar
dan dzikir adalah obat dan ketaatan kepadanya adalah kekayaan
sayangilah orang yang modalnya hanya harapan
dan senjatanya hanya tangisan

wahai penabur karunia wahai penolak bencana
wahai nur yang menerangi meraka yang terhempas dalam kegelapan
wahai yang Maha Tahu tanpa diberitahu
karuniakanlah Muhammad dan keluarga Muhammad
lakukanlah padaku apa yang layak bagi Mu
semoga Allah melimpahkan kesejahteraan kepada rasulnya
serta para imam yang mulia dan keluarganya
dan sampaikanlah sebanyak-banyaknya salam kepada mereka dengan rahmat Mu wahai Yang Maha Pengasih


amien..
kabulkanlah doa hamba ini ya Rabb sahabatku.. amien..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar