Minggu, 12 Mei 2013

Buku Baru


Ketika suatu saat membeli buku baru, anak-anak bertanya: "ayah... untuk apa sebenarnya ayah membaca begitu banyak buku? dan kelihatannya kok tidak ada kategorisasinya?"

Hmm... anakku, tau kah kalian dalam sejarah peradaban manusia begitu banyak peristiwa pembakaran buku? Sejak jaman Qin Shi Huang tahun 213 SM, Perpustakaan Bagdad oleh bangsa Mongol, peristiwa Sauberung oleh Nazi... sampai buku-bukunya Pramoedya Ananta di Indonesia? Kenapa mereka membakar buku nak? Karena mereka takut pada kekuatannya?

Ayah mungkin tak akan memiliki kekuatan seperti John Smith No 4! Mungkin bukan jenis manusia super seperti itu. Dan mungkin ayah belum menemukan cara mengembangkan kekuatan super itu, mungkin belum waktunya, mungkin ia sedang tumbuh dan ayah sedang membuatnya berkembang tanpa ayah sadari.

Tapi yakin lah nak... yakin lah anak-anakku, masa depan itu hanya bisa kita pahami setelah membaca pengalaman orang lain dimasa lalu yang mereka tulis dalam beragam buku, yang mungkin kau tak tahu buku yang mana. Oleh karena itu, membacalah sebanyak-banyaknya, dan buatlah dirimu bersiap... untuk masa depan yang kadang kau tak pernah tau datangnya itu. Bersiaplah... membacalah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar