Minggu, 12 Mei 2013

Tangga


Ketika suatu saat dalam sebuah perkuliahan, aku ditanya sang dosen; "setelah kita menaiki sebuah anak tangga, apa berikutnya..?" dengan santai aku menjawab; "ya naik ke tangga berikutnya!" eh semua pada gerrr... trus sang dosen bilang; "euuh dasar Oon... dll.. dst...". Emang salah ya jawaban gitu? ucapku saat itu.. karena memang menurutku itu jawaban yang paling tepat (in konteks) eh malah gerr lagi.. haha pengalaman pertama di bilang oon sama guru/dosen.. begitu membekas..
Bagiku memang begitulah aku seharusnya memaknai tangga dan anak tangganya.. setiap aku menaiki sebuah anak tangga, tentu besar keinginanku untuk menaiki anak tangga berikutnya.. sayang sekali kan kalau kita cape-cape naik satu anak tangga kalau sekedar buat turun lagi? tapi ada kalanya kita memang mesti turun beberapa anak tangga. but in one condition: "sekedar buat ngepasin sama tujuan kita naik tangga!" sebab terkadang kita kelebihan menaiki sebuah anak tangga saking semangatnya.. padahal posisi yang kita inginkan ada di bagian yang lebih bawah..
Belakangan hari ini aku disibukkan sama prilaku sebagian orang yang dengan susah payah menaiki anak tangga.. sesudah itu..... ya sudah.. BEngONg.. padahal kan sayang.. sudah susah payah naik beberapa anak tangga.. kok seperti tidak bangga dengan jumlah anak tangga yang sudah dicapainya.. sama sekali tidak ada upaya
  1. mempertajam diri dengan belajar lebih banyak di lingkungan akademis.. eh malah kasak kusuk cari ijazah bodong.. kan sayang.. mempermalu diri dengan pangkat yang kosong..
  2. mengasah pengetahuan umum dengan rajin membaca.. walaupun sekedar koran Lampu Merah misalnya.. pengetahuan toh bisa didapat di mana saja?
  3. bertarung dengan jujur.. eh malah sogok sana - sogok sini.. ga jelas juntrungannya.. yang aku takut kelak di pintu gerbang jembatan akhirat; kita malah sibuk ngerogoh saku nyipain uang buat nyogok malaikat penjaga pintu neraka.. iya kalau cuma satu malaikat.. gimana ceritanya kalau malaikat penjaga pintu surga ikut-ikutan minta jatah..? kan repot bawa uang banyak ke akhirat.. kata orang padang di akhirat itu kan panas.. kebanyak kalo mesti sambil ngangkut uang brapa karung..?
sayang sekali punya jabatan susah payah di raih.. tapi ilmu ga ngikutin perkembangan jaman.. takut kan kalo sampe anak buah nyemoohin kita di blakang..
sayang sekali.. hmm coba aku yang ada di situ.. haha!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar