Minggu, 12 Mei 2013

Habitat Orang

berkaca dari pidato wapres budiono, bahwa pa bud merasa salah langkah menjadi wapres, bahwa pa bud merasa bukan berada di habitatnya.. malah pa bud berkata sesudah selesai masa jabatan nanti pa bud ingin kembali ke kampus. yang menurut pa bud itu lah habitat yang tepat baginya..
setelah beberapa tahun menjadi pegawai struktural di lingkungan kementerian agama.. rasanya rindu mengajar lagi.. kembali kehabitat aku yang lama.. tempat yang bisa bikin aku nyaman.. rasanya jadi kangen sama murid-murid SMAN 3 Bandung tahun 1997-an seneng waktu sama2 pusing kok bahasa pemrograman mereka error melulu..(hehe dasar guru bahasa pemrogramannya amatir karena baru belajar mengajar..) kangen waktu lab komputer SMAN 3 itu kita (murid dan saya) bikin jadi Game jaringan hehe waktu itu game online belum musim.. tapi saya sama murid2 bisa berjam-jam bermain DOOM.. itulah kali pertama nama BOSS muncul sebagai nama akun aku di komputer (jadi kebiasaan semua murid SMAN 3 manggil aku Boss.. haha yang malu kepalanya pun sering panggil boss haha) "anak2 SMAN3 temen main game bapa kangen boyz! kapan kita reunian main game online jadi reuninya via internet aj!"
kangen waktu mengajar di SMPN 2 Cihaurbeuti Ciamis.. itulah kali pertama mereka melihat ada guru menulis buku.. mereka pikir itu buku hasil fotocopy.. trus sy ceritain sama mereka asiknya menulis.. kita bisa hanyut berjam-jam sampai lupa makan-lupa tidur.. entah mereka ngerti atau engga.. mereka juga bingung sy nyisipin pengetahuan dasar kewirausahaan di tengah pelajaran TIK.. (hehe emang sableng tuh bikin kurikulum sendiri..) anak-anak itu baik saya lupa siapa namanya kamu neng....... yang tiap hari kirimin masakan ibunya buat sarapan pagi sampe2 ada guru yang mandang miring (haha disangkanya kita ada hubungan miring guru-murid) trus yang satu lagi siapa namanya lupa juga (hehe) si neng ini biasanya suka kasih saya FIT UP (itu tablet kemana sekarang ya...?) seminggu sekali anak ini pasti tanya pa FIT UP nya masih ada? (hehe makasih banyak ya..) trus inget tuh sama mesjid sekolah ini kotornyaaaaaa itulah kali pertama dalam karir guruku aku nyogok siswa dengan nilai rapor 8-9 asal mau bersihin mesjid sekolah trus shalat berjamaah sebelum pulang... kan kita pulang jam 2.. nanti keburu ashar dong..?
kangen waktu mengajar di bimbingan belajar.. murid2ku semua masuk SMP/SMA negeri sesuai keinginan mereka.. kita cuma gagal 2 murid (yg satu anak chinese yang minta ampun manjanya.. yng satu lagi anak produk rumah tangga berantakan.. maafin bapa gagal ya anak2ku sayang) tapi anak2 yg paling berkesan itu yang grup SMPN 1 banjaran anak2nya cantik2, pinter, rajin shalat, diantaranya anak2 ini ada anak chinese yang pinter bahasa sunda (haha jadi malu..) mereka kalo ga salah kelahiran sekitar 82-an.. sebagian masuk ke SMAN 1 BE sebagian masuk ke SMAN 7 Bgd dll.. pokoknya bangga semua murid bimbingan berhasil.. padahal kita belum PNS waktu itu.. akses data kita kurang sekali.. yang kita tau ya berusaha keras agar murid kita pinter! itu saja! kalo soal bayaran... haha.. inget tuh waktu itu ada ibu2 pedagang kaki lima..(sekitar tahun 1995-an) anaknya ngerengek pengen belajar sama aku dan istri (karena kita terkenal di wilayah kita bisa bikin anak yang rada terbelakang lolos ke SMPN 2 BE waktu itu.. kenangan manis..) tapi ibu itu bilang ga bisa bayar.. (kita biasa dibayar orang tua siswa SD=15rb smp 35rb per bulan.. itu biaya sekitar tahun 94-95an lah.. kalo sekarang mah kan sekitar 40-50rb perjam..)
hmmm emang ngangenin hidup di habitat yang bisa bikin kita senang. habitat yang kita pahami betul kapan kita mesti duduk, berdiri, tidur.. pokoknya yang kita paham betul! dari pada kita hidup di habitat yang bikin kita menari dengan genderang orang lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar